Setiap hari gue nonton tipi untuk ngilangin kejenuhan dan setiap
hari juga gue ngeliat iklan yang bertebaran di tipi. Gak tau kenapa, menurut
gue iklan di Indonesia, terkadang masih suka lebay. Di stand up comedy-nya bang
Raditya Dika berkomentar tentang iklan tora-tora yang joged selangkangan gak
jelas dan diiringi dua pegulat aneh. Selain itu bang RD juga menyoroti iklan
shampo yang kalo lagi shampoan itu bahagia banget. Ternyata, sekarang pun masih
ada beberapa iklan yang menurut gue sih aneh, sama anehnya dengan efek sinetron
di indosiar.
Pertama, sayangnya gue lupa merek iklan apa ini, tapi gue inget
banget ini iklan parfum yang dibintangin Nikita Willy. Gue liat di awalnya sih
gak masalah, Nikita Willy semprotin badannya dengan tuh parfum penuh, mungkin
sampai tuh parfum abis apa gimana, dia nyemprotin badannya dengan penuh
kebahagiaan sampai mata terpejam. Sasaran parfum di saat itu masih masuk, tapi
menjelang akhir, gak tau kenapa bibirnya Nikita Willy disorot! Ini iklan parfum
atau iklan lipstik! gue tau bibirnya Nikita Willy imut, tapi ini iklan parfum
woy, nyebut.
Kedua adalah iklan teh kotak. Iklannya tuh yang gini, ada cowok
sama cewek duduk di kebun teh atau kebun apa gitu. Terus si cewek baru bisa
ngungkapin perasaannya kalau dia suka sama cowok di sebelahnya setelah minum
teh kotak. Menurut gue itu lebay! hebat banget tuh teh kotak bisa ngilangin
rasa gugup seseorang. Gue pernah nyoba minum teh kotak sebelum persentasi tugas
di depan dosen, hasilnya? gue masih gugup! gue kena korban iklan dan harusnya
gue ngadu ke suara konsumen minta pertanggung jawaban.
Ketiga iklan okky jelly drink. Iklannya gini, ada beberapa orang
yang sibuk sama kegiatan mereka OL. Ada yang lagi twitteran dari handphone, ada
yang ngetik di laptop, dll. Terus tiba-tiba ada icon muka cemberut di atas
kepala masing-masing, mereka berteriak lapar sama haus. Terus tiba-tiba ada oky
jelly drink keluar dari monitor laptop sama handphone mereka, JLEB! bukannya
gue jadi suka sama okky jelly drink, gue malah jadi takut buat OL setelah liat
tuh iklan. Gue gak bisa ngebayangin gimana pas gue lagi OL dari komputer
tiba-tiba nongol okky jelly drink dari dalam monitor komputer terus nimpuk muka
gue, mending kalo cuma satu, kalo ratusan? Parahnya, di ending tuh iklan,
orang-orang yang tadinya di datengin okky jelly drink melalui monitor laptop
dan handphone mereka itu tiba-tiba joged gak jelas sambil pegang okky jelly
drink.
Keempat ada iklan sarimie yang dibintangin Ayu ting-ting sama Pasha. Iklannya diawali percakapan bos yang nanya ke anak buahnya mau cuti berapa hari terus anak buahnya jawab 2 terus bosnya bales 1 terus tiba-tiba tangan Ayu ting-ting pegang tangan bos itu sambil nyanyi bareng Pasha, "duaaaaaa.. Sarimi isi dua, sarimi, sarimi isi dua," itu apa coba, dimana korelasinya bos sama anak buah yang lagi ngomongin cuti dengan mie! Terus Ayu ting-ting sama Pasha masuk lewat mana kok tiba-tiba udah di samping itu bos! Bukan itu aja, lo liat mie di piring yang di pegang Pasha, liat porsinya kayak untuk porsi kuda nil! Sementara gue kalo masak sarimie sebungkus itu isinya gak segitunya ah.
Kelima iklan pencuci wajah. Menurut gue, kebanyakan iklan pencuci wajah itu aneh. Ada iklan garnier yang dibintangin Pasha, diakhir dia ngomong, "Mau wajah bersih seperti saya? pake garnier man!", pas gue pake muka gue gak berubah jadi Pasha. Ada lagi iklan pencuci muka yang gue lupa merk-nya, iklan itu diperanin Ringgo sama Cristian Sugiyono. Iklannya yang gini, Ringgo pake kemeja putih ngaca terus bersihin wajahnya, dia gosok-gosok mukanya pake tangan sampai nutupin wajahnya terus setelah dibuka Ringgo berubah jadi Cristian Sugiyono. Ini pelecehan man, Ringgo lo tuh jadi korban di iklan itu! Lo sadar gak sih!
Keenam iklan Gery pasta coklat yang dibawain Unyil dan kawan-kawan. Ngapain harus Unyil coba? dia kan boneka? jadi inti iklannya boneka ngemut gery pasta atau apa? atau tuh produk sebenarnya makanan boneka? kalo Unyil dilambangkan karena tuh produk buat mayoritas konsumen anak-anak, kenapa gak artis cilik aja modelnya? Yang lebih gue bingung lagi, ukuran gery pasta di iklan itu setengahnya badan Unyil dan kawan-kawan, panjang banget gak tuh pasta, padahal isinya seukuran pensil 2B, kurang malah.
Sebenernya masih ada beberapa iklan yang aneh tapi ntar kepanjangan ah. Iklan itu menurut gue adalah sebuah amanat. Kita harus menyampaikan yang sebenarnya tentang kelebihan tuh produk namun tidak dilebih-lebihkan atau bahkan hoax. Ironisnya masih aja ada iklan yang ngebohongin publik sekarang ini. Ibaratnya, lo tuh ngomong ke semua orang gak suka cewek montok tapi lo diem-diem ngoleksi foto Melinda Dee. Suram.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar