salju

Selasa, 22 April 2014

Analisis menyimak iklan televisi

ANALISIS
MENYIMAK IKLAN TELEVISI
A.    Nama Iklan
Mie Sedaap Cup
B.     Bintang Iklan
Raditya Dika
C.    Durasi Iklan
29 detik
D.    Teks / Naskah Iklan
 “Dulu hidup Gue basi banget, kalau kata kucing gue “kudeeet kudet”, Tapi sekarang gue cupdate! makan mie sedaap cup baru, pertama kali nih!  mie cup dengan rasa yang up to date.
Cup date itu mie cup yang isinya banyak, ada bal-balnya rasanya nyees banget ..mccch.pengen gue pacarin. rasanya sensasinya up to date.
Pecah enaknya!
Ini baru mie cup berkualitas, rasa nggak bohong...
so update rasa lo..coba mie sedaap cup baru
Dari Wings food”
E.     Identifikasi
Dalam iklan ini cerita yang ingin disampaikan pada penonton iklan televisi adalah kehidupan nyata seorang mahasiswa, penulis dan artis yang merasa hidupnya membosankan dengan segala rutinitasanya,
Bagian 1: Bintang iklan (Raditya Dika) menulis kata Hidup gue Basi banget pada layar komputernya.
Bagian 2: Animasi kucing yang diisi dengan suara khas kucing yang mengatakan “kudeeet-kudet”. Pada iklan ini, kucing seolah mengejek raditya dika bahwa Ia terlalu kurang mengikuti perkembangan jaman.
Bagian 3: Raditya dika selalu makan mie sedaap cup ( dilihat dari beganti-ganti baju)
Bagian 4: Tampilan Mie sedaap cup
Bagian 5: Raditya Dika mengajak penonton iklan untuk mengkonsumsi mie sedaap cup date.
Pada intinya, Raditya Dika mengajak penonton iklan untuk mencoba mengkonumsi mie  sedaap cup date agar memiliki up date rasa yang baru atau tidak ketinggalan jaman. Hal ini di karenakan tujuan iklan ini dalah memperkenalkan mie sedaap cup date sebagai produk mie cup yang baru.
Dalam iklan mie cup tersebut unsur pembangunnya adalah tuturan yang dinarasikan oleh naratornya dalam bentuk narasi suara atau Teks + Nr visual. Iklan tersebut juga dilengkapi dengan tulisan kata kunci-kata kunci yang menekankan kata-kata menarik yang di ucapkan oleh bintang iklan.
1.      Bahasa Iklan
Dalam iklan tersebut raditya dika berhasil menunjukkan kepiawaiannya dalam menggunakan kata-kata, kejelasan dan kehematan pada penggunaan gaya bahasa.
·         Kalimatnya singkat dan mengena.
Raditya Dika hanya menggunakan kata-kata yang efektif untuk menjelaskan informasi-informasi yang ingin disampaikan. Meskipun hanya dengan kalimat yang singkat penonton iklan akan dapat dengan mudah mengkap informasi iklan tersebut dan lebih mengena.
·         Enak di baca
Dalam iklan tersebut tulisan-tulisan yang disajikan hanya sedikit, yaitu berupa kata kunci-kata kunci yang penting, yang berfungsi untuk menekankan kata-kata menarik yang disampaikan oleh bintang iklan. Selain itu tulisan mudah dibaca karena ukurannya yang besar.
·         Enak di dengar
Raditya dika menggunakan pelafalan yang khas dan intonasi atau tekanan yang sesuai pada pilihan kata yang diucapkan. Dalam iklan tersebut seolah-olah bintang iklan memang sedang bercerita atau mencurahkan hati kepada temannya. Intonasi yang digunakannya  tepat. Tetapi terdapat tuturan kata yang tidak jelas bila tidak disimak secara seksama. Tuturan kata yang tidak jelas tersebut yaitu “rasa nggak bohong”. Pada bagian itu intonasi memang bagus akan tetapi lafalnya kurang jelas (terdapat kesengajaan).
·         Gaya Bahasa
Gaya bahasa dalam iklan tersebut dapat dikatakan cukup menarik penonton iklan. Meskipun demikian pilihan kata yang digunakan banyak yang menggunakan kata tidak baku. Tutur kata Bintang film sering menggunakan plesetan dan kata dari bahasa inggris , seperti:
Gue basi banget
kudeeet kudet (Singkatan bahasa gaul yang berkembang luas di masyarakat, terutama kawula muda)
gue cupdate. (plesetan yang dirangkai dari merk dan bahasa inggris)
nyees banget!
Nih!
pengen gue pacarin
nggak
so update
muacch
            Penggunaan kata-kata non baku di atas membuktikan bahwa ragam bahasa yang digunakan pada peristiwa tutur dalam iklan televisi di
atas yaitu ragam santai. Ragam santai ditandai dengan adanya pemakaian bahasa yang sering tidak normatif , misalnya pada: muaach! Nyees banget! Kudet, update dan lain sebagainya.
Kata dari bahasa Inggris dinilai dapat mewakili citra kekinian yang
sempurna. Penggunaan kata dari bahasa asing sebagai pilihan bahasa yang digunakan pada peristiwa tutur dalam iklan televisi yaitu untuk menarik perhatian pemirsa atau penonton iklan televisi.
Penggunaan tutur kata non baku ini sesuai dengan tujuan iklan yang lebih memasarkan pada konsumen remaja yang kerap menikmati mie instan cup. Penggunaan kata non baku dan plesetan tersebut digunakan untuk menciptakan suasana santai dan akrab sesuai konsep iklan. Sehingga diharapkan ragam bahasa santai tersebut dapat menarik minat penonton iklan untuk mengkonsumsi produk mie sedaap cup. Penggunaan kata-kata plesetan yang baru adalah hal yang kreatif dalam dunia iklan. Pada iklan ini contohnya pada kata “Kudet”, dimana kepanjangannya adalah kurang update. Selanjutnya pada kata “cupdate” suatu plesetan baru yang sengaja dibuat untuk memplesetkan kata update.
·         Komunikatif
Iklan tersebut dinilai komunikatif dalam menyampaikan makna yang ingin disampaikan. Hanya saja pesan yang ditujukan lebih kepada remaja dan anak-anak. Bagi Orang tua iklan tersebut kurang komunikatif karena konsep iklannya terdapat penggunaan teknologi modern dan menggunakan ragam bahasa gaul.
2.      Isi iklan
Isi iklannya mengundang keingintahuan penonton iklan untuk mencoba bagaimana rasa baru dari mie sedaap cup. Bintang iklan mengatakan mie cup yang berbeda dari yang lainnya. Sehingga penonton iklan ingin mencoba dan membeli mie sedaap cup tersebut. Dalam iklan tersebut tidak terdapat unsur-unsur menyesatkan.
3.      Gambar Iklan
Gambar iklan sangat menarik, tampilannya kreatif dan memikat anak muda sesuai dengan konsep iklan. Ekspresi bintang iklan bagus dalam penjiwaan. Salah satunya dapat terlihat saat perannya memakan mie sedaap cup. Akan tetapi gambar iklan kurang mudah dipahami untuk orang tua yang tidak mengikuti perkembangan dunia gadget. Iklan tersebut mensugestif orang untuk mengkonsumsi mie yang diiklankan. Dalam iklan tersebut mensugestif pemirsa bahwa dengan mengkonsumsi mie tersebut rasa mie akan mengupdate rasa mie. Karena mie sedaap cup tersebut memiliki terobosan rasa yang baru dalam varian mie selama ini. Jadi iklan tersebut bersifat sugestif.



F.     Tabel Analisis Aspek Iklan
No
Dari Segi
Aspek
Keterangan
1
Bahasa Iklan
Kalimat singkat
****

2
Enak dibaca
****

3
Enak didengar
****

4
Gaya Bahasa Menarik
*****
Kreatif pilihan katanya, tetapi banyak yang tidak baku
5
Komunikatif
***
Kurang universal
6
Isi Iklan
Mengundang keingintahuan
*****

7
Ingin Mencoba
*****

8
Ingin memiliki
*****

9
Tidak menyesatkan
****

10
Gambar Iklan
Menarik
****

11
Orisinil
****

12
Mudah dipahami
***
Orang tua kurang dapat memahami
13
Sugestif
*****

Keterangan: Pemberian tanda bintang dalam rentang 1- 5 bintang


G.    Gambar
Cuplikan Iklan Mie Sedaap Cup


Kesimpulan
Dari kegiatan menyimak iklan mie sedaap cup tersebut kita dapat mengidentifikasi menginterprestasikan dan menilai hasil intrepetasi makna dan menanggapi pesan yang tersirat dalam iklan tersebut.
Dalam menyimak iklan tersebut dibutuhkan kesengajaan yang nyata, memahami iklan dan menilai.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar