salju

Selasa, 07 Januari 2014

Solusi untuk mengatasi wajah kusam berjerawat

Ada sebuah pertanyaan menarik di internet mengenai cara mengatasi kulit kusam dan berjerawat. Mungkin problem seperti ini pernah anda alami…..Tapi mudah-mudahan saja tidak, ya.
Pertanyaan :
Kulitku sangat mengerikan. Bukan soal jerawat, meskipun saya punya itu. Problemku yang utama adalah belang-belang dan kulit kusam. Saya memiliki bayangan gelap di bawah mata. Keriput menyebar di bawah mata saya dan dari sudut-sudut hidung ke mulutku. Saya tidak (dan tidak pernah) merokok, juga tinggal di sekitar perokok. Saya minum minimal 2 liter air sehari. Saya seorang wanita berusia 20-an , namun saya seperti mempunyai kulit akibat nikotin dan pecandu alkohol layaknya pada usia empat puluhan. Saya memang memiliki sejarah buruk, kulit pernah melepuh karena terbakar sinar matahari, ketika saya masih muda – meskipun hanya dua atau tiga kali terjadi. Dan juga pernah kecanduan alkohol 2 tahun yang lalu selama 6 bulan. Tapi kebiasaan ini telah lama berakhir. Sekarang saya telah mulai memakai tabir surya. Apa yang salah dengan cara yang telah saya lakukan? Kemudian akhir-akhir ini saya sudah melakukan hal berikut: – Saya mencuci dengan Cetaphil dan air hangat, tidak menyeka muka dengan washlap. – Melakukan scrubbing sekali atau dua kali seminggu. – Pada malam hari saya memakai pengobatan benzoil peroksida 2,5% atau asam salisilat 2%, meskipun tidak pernah menggunakan keduanya sekaligus. – Di pagi hari saya menggunakan pelembab asam retinoat. – Pada kesempatan yang berbeda (sehingga mereka tidak mengganggu satu sama lain), saya mengkonsumsi biotin, multivitamin, vitamin B,  suplemen kalsium-magnesium-zinc, dan minyak ikan. – Saya berolahraga secara teratur. – Saya kira-kira sepuluh pon kelebihan berat badan, tetapi sebaliknya dalam kesehatan yang baik. – Saya tidur setidaknya 7-8 jam per malam. – Saya telah mengganti metoda kontrasepsi, tapi tidak berpengaruh terhadap kualitas kulit. – Saya telah mencoba Differin dan Retin-A, (meskipun itu dilakuka pada tahun lalu, mungkin aku harus mencobanya lagi?). Dari segi perawatan, saya merasa seperti telah melakukan segala sesuatu dengan benar. Tetapi kulit saya tampaknya semakin buruk. Saya mendapatkan benjolan kecil di seluruh dahi, dan noda di pipiku (bukan jerawat kistik). Kulit saya kusam dan tak bercahaya. Ini mengerikan. Aku bisa mengatasi jerawat jika setidaknya memiliki cahaya yang sehat, tapi aku tidak. Apa lagi yang bisa saya lakukan?
(ditranslate dari sebuah blog berbahasa inggris)
Seperti yang telah anda baca, segala cara sudah dilakukan, tapi tetap tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, bahkan mungkin sama sekali tidak berhasil. Karena sebenarnya perawatannya tidak terfokus dan tidak menyeluruh.

Cara mengatasi wajah kusam berjerawat

Cara mengatasi wajah kusam berjerawat yang benar dan efektif, dilakukan melalui pengelupasan (menghilangkan) kulit mati dan pemberian obat jerawat. Disamping itu, pola hidup dan pola makan yang teratur akan mempercepat pemulihan kondisi kulit yang rusak. Dari pertanyaan di atas, walaupun sudah minum 2 liter/hari, menghindari alkohol, merokok dll, tapi ada beberapa pola hidup yang masih ditinggalkan. Diantaranya :
  • Menghindari minuman soda/berkarbonasi, seperti misalnya diet coke.
  • Mengurangi makanan dan minuman yang mengandung gula.
  • Menghindari matahari selama perawatan. Sunblock dapat mengurangi resiko sunburn. Tapi perhatikan spf yang digunakan. Jangan karena telah memakai sunblock, lalu bisa bebas berjemur di bawah matahari.
  • Minyak ikan memang baik, tapi bila dikonsumsi secara berlebihan, justru membuat kulit rusak seperti tampak memar, dan  menimbulkan sekelompok luka cukur. Sebaiknya dikonsumsi tidak lebih dari dua kali seminggu.
Agar wajah tidak kusam, maka anda harus melakukan perawatan kulit yang terfokus, menyeluruh dan terintegrasi. Mana yang kira-kira anda lakukan terlebih dahulu, mengatasi kulit yang berjerawat atau kulit wajah kusam? Kalau anda menjawab salah-satu maka jawabannya adalah keliru. Dan bila menggunakan produk-produk klinis di atas namun tanpa mengikuti anjuran dari ahli medis, sangat mungkin hasilnya tidak akan seperti yang diharapkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar